File galau by arist_gi 4 agustus 2015:

Detak jantung terus berlantun, langkah kaki tetap berpadu. Dalam lembaran penuh kehidupan, angan yang terpendam akan terwujud, cita-cita tinggi akan tergapai. Dengan usaha serta keriangan dan kesungguhan, itulah arti dari mencintai diri sendiri. Jika kita mencintai seseorang, kita akan senantiasa mendoakannya, walaupun dia tidak berada disisi kita. Tuhan memberikan kita dua buah kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar, dua mata untuk melihat, tetapi mengapa tuhan hanya menganugrahkan sekeping hati kepada kita?! Karena tuhan telah memberikan sekeping hati lagi kepada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah cinta. Jangan sesekali mengucapkan ‘selamat tinggal,’ jika kita masih mau mencoba. Jangan sesekali ‘menyerah’ jika kita masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan ‘kita tidak mencitainya lagi’ jika kita masih tidak dapat melupakan. Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan, walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih ingin mencintai walapun mereka telah disakti sebelumnya dan kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangun kembali kepercayaan. Jangan sampai kita menyimpan kata-kata cinta kepada orang tersayang hingga dia meninggal dunia, dan kita terpaksa mencatat kata-kata cinta itu pada pusara. Sebaiknya ucapkanlah kata-kata cinta yang tersimpan dibenak kita sekarang selagi ada hayatnya.

Mungkin tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu  dengan orang yang tepat. Kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia tersubut. Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu menjadi emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat dan kemarahan menjadi ramah. Sungguh menyakitkan mencinta seseorang yang tidak mencintai kita. Tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kita tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cinta itu kepadanya. Seandainya kita ingin mencintai atau memiliki hati seseorang ibaratkanlah seperti mengikuti sekuntum bunga mawar merah. Kadangkala kita mencium harum mawar tersebut, tetapi ada kalanya kita merasakan disaat duri mawar itu menusuk jari. Hal paling menyedihkan dalam hidup adalah ketika kita bertemu seseorang yang sangat berarti bagi kita hanya menemukan bahwa pada akhirnya menjadi tidak berarti dan kita harus membiarkannya pergi. Kadangkala kita tidak menghargai orang yang mencintai kita sepenuh hati sehingga kita kehilangannya. Pada saat itu tiada guna penyesalan karena perginya tanpa berkata lagi. Cintailah seseorang itu siapa dia sekarang dan bukan siapa dia sebelumnya. Kisah silam tidak perlu diungkit lagi. Sekiranya kita benar-benar mencintainya setulus hati. Hati-hati dengan cinta, karna cinta juga dapat membuat orang sehat  menjadi sakit, orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila, orang kaya menjadi miskin, raja menjadi budak. Jika, cintanya itu disambut oleh para pecinta palsu. Kemungkinan apa yang kita sayangi atau cintai tersimpan keburukan didalamnya, dan kemungkinan apa yang kita benci tersimpan kebaikan didalamnya. Cinta kepada harta artinya bahagia, cinta kepada perempuan artinya alam, cinta kepada diri sendiri artinya bijaksana, cinta kepada mati artinya hidup, dan cinta kepada tuhan artinya taqwa.

Lemparkanlah seseorang yang bahagia dalam bercinta ke dalam laut ,pasti ia akan membawa seekor ikan. Lemparkanlah pula seseorang yang gagal dalam bercinta ke dalam laut pastilah ia tidak mendapatkan ikan seekor pun. Seandainya kita dapat berbicara dalam semua bahasa dan alam tetapi tidak mempunyai perasaan cinta dan kasih dirimu taubah seperti gong yang bergaung atau sekedar rancangan yang bergemerinjing. Cinta adalah keabadian dan kenangan adalah hal yang terindah dalam cinta yang pernah dimiliki. Siapapun pandai menghayati cinta, tapi tidak seorang pun pandai menilai cinta, karena cinta bukanlah sesuatu objek yang bisa didapat oleh kasat mata, sebaliknya cinta hanya dapat dirasakan melalui hati dan perasaan. Cinta mampu melemahkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya. Cinta sebenarnya adalah membiarkan orang yang kita cintai menjadi dirinya sendiri dan tidak merubahnya seperti gambaran yang kita inginkan. Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri kita sendiri yang kita temukan dari dalam dirinya. Kita tidak akan pernah tau bila kita akan jatuh cinta, namun apabila sampai saatnya itu railah dengan kedua tangan mu dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta tanda tanya dihatinya. Cinta bukanlah kata yang murah dan lumrah. Tetapi cinta adalah anuggrah tuhan yang indah nan suci jika manusia dapat melihat dan menilai kesuciannya. Bercinta memang mudah, untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai, itulah yang sukar diperoleh. Jika saja kehadiran cinta sekedar untuk mengecewakan, lebih baik cinta itu tak pernah hadir. Karena cinta sesuatu yang membawa keindahan, dan kebahagiaan didalamnnya. Cinta itu seperti kupu-kupu, tambah dikejaar tambah lari. Tapi, kalau dibiarkan terbang dia akan datang disaat kita tidak mengharapkan. Cinta dapat membuatmu bahagia. Tapi sering juga bikin sedih, tapi cinta baru berharga kalau diberikan kepada seseorang yang meghargainya. Jadi, janganlah terburu-buru dan pilih yang terbaik!

Cinta bukan bagaimana menjadi pasangan yang sempurna bagi seseorang, tapi bagaimana menemukan seseorang yang dapat membantu menjadi dirimu sendiri. Jangan pernah bilang, “i love you” kalau kita tidak pernah peduli. Jangan pernah membicarakan perasaan yang tidak pernah ada. Jangan pernah menyentuh hidup seseorang kalau hal itu untuk menghancurkan hatinya. Jangan pernah menatap matanya kalau semua yang  dilakukan hanya untuk bebohong. Hal paling kejam yang seseorang lakukan kepada orang lain adalah membiarkannya jatuh cinta, sementara kita tidak berniat untuk menangkapnya.

Cinta; bukan “ini salah kamu”

           ; tapi “maafkan aku”

           ; bukan “kamu dimana sih”

           ; tapi “aku disini”

           ; bukan “gimana sih kamu”

           ; tapi “aku ngerti kok”

           ;bukan “coba kamu ngga kayak gini”

            ; tapi “aku cinta kamu seperti kamu apa adanya”.  

Top aktivitas yang paling benar bukan diukur berapa lama kita sudah bersama maupun berapa sering kita bersama tapi, apakah selama kita bersama kita selalu saling mengisi satu sama lain dan sering membuat kehidupan yang berkualitas. Kesedihan dan kerinduan hanya terasa selama yang kita inginkan, dan menyayat sedalam yang kita ijinkan. Yang berat bukan bagaimana cara mengalami kesedihan dan kerinduan itu, tapi bagaimana cara belajar darinya. Cara jatuh cinta, jatuh tapi jangan terhuyung-huyung, konsisten tapi jangan memaksa, berbagi dan jangan bersikap tidak adil, mengerti dan cobalah untuk tidak banyak menuntut, sedih tapi jangan pernah menyimpan kesedihan itu. Memang sakit melihat orang yang kita cintai sedang berbahagia dengan orang lain. Tapi, lebih sakit lagi kalau orang yang kita cintai itu tidak berbahagia bersama kita. Cinta akan menyakitkan ketika kita berpisah dengan seseorang. Lebih menyakitkan apabila kita dilupakan oleh kekasih. Tapi cinta akan lebih menyakitkan lagi apabila seseorang yang kita sayangi tidak tahu apa yang sesungguhnya kita rasakan. Yang paling menyedihkan dalam hidup ini adalah menemukan seseorang dan jatuh cinta hanya untuk menemukan bahwa dia bukan untuk kita dan kita sudah menghabiskan waktu yang banyak untuk orang yang tidak pernah menghargainya. Kalau dia berkata tidak, maka dia tidak akan pernah berkata iya setahun lagi atau pun sepuluh tahun lagi, biarkan dia pergi. Cinta adalah semangat, cinta adalah kepercayaan, cinta adalah energi yang tidak bisa dimusnahkan. Ia hanya bisa berupa bentuk. Cinta memang tak harus memiliki, karena mencintainya berarti tak pernah meminta.

Advertisements